PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI SDIT WADI FATIMAH



KATA PENGANTAR



Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT  atas limpahan rahmat dan hidayah Nya, telah dapatnya  Kepala Sekolah SDIT Wadi Fatimah  menyusun Laporan Kegiatan  Pengembangan Diri yang dilaksanakan setiap Hari Sabtu setiap minggunya. Penyusunan Laporan ini merupakan salah satu upaya mengimplementasikan  segala sesuatunya tentang terlaksananya program pengembangan diri   di SDIT Wadi Fatimah .
Laporan ini disusun dengan mengacu pada beberapa macam kegiatan rutin harian Sabtu.Yang mana ada beberapa kegiatan yang senantiasa dilakukan di sekolah. Laporan ini memuat tentang materi kegiatan, jadwal serta hasil kegiatan. 
Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh warga sekolah yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk melaksanakan kegiatan pengembangan diri, dan memberi saran dalam penyusunan laporan ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk terhadap segala upaya yang kita lakukan demi untuk peningkatan pengembanga diri yang telah dilaksanakan di SDIT Wadi Fatimah  Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon .


Kepala Sekolah,







BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang

SDIT Wadi Fatimah  adalah salah satu sekolah di Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon yang merupakan salah satu  sekolah yang telah memprogramkan dan melaksanakan kegiatan pengembangan diri setiap hari khususnya hari Sabtu yang telah dimulai sejak berdirinya tahun 2012 yang juga merupakan program Yayasan Wadi Fatimah dengan menyadur dari Dinas Pendidikan  Dasar sebagai tuntutan dari kurikulum Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon. .
Atas dasar itulah kegiatan pengembangan diri dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Wadi Fatimah Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon, dengan berbagai kegiatan yang mendukung  baik bidang akademik maupun Non Akademik.
Tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan pengembangan diri bukan sekedar melaksanakan kegiatan olah raga atau kegiatan di luar kelas saja , tetapi bertujuan agar siswa dapat mengembangkan bakat dan minatnya sesuai dengan keinginan bahkan keterampilan serta  minat yang ada pada diri siswa itu sendiri. Di samping itu juga agar perkembangan otak kanan dengan otak kiri dapat seimbang atau sejalan sehingga tidak membuat siswa merasa jenuh akibat dari kegiatan pembelajaran dari hari ke hari selalu  belajar, belajar ,  dan belajar.
Pengembangan diri siswa tidak ada yang dipaksakan tetapi disediakan beberapa fasilitas, yang mana siswa dapat memilih sesuai bakat dan minatnya, dan guru membimbing serta memberikan arahan – arahan sesuai dengan kemampuan dan bidang yang telah ditetapkan sebelumnya. Walaupun setiap guru belum begitu mahir dalam kegiatan membimbing pengembangan diri siswa , namun semua guru berupaya semampu mungkin untuk memberikan yang terbaik untuk peserta didik.
Di SDIT Wadi Fatimah  kegiatan pengembangan diri sudah merupakan kegiatan yang telah biasa dilakukan , dan memang diprogramkan sesuai dengan kurikulum Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Wadi Fatimah.

B.     TUJUAN
Adapun  tujuan yang hendak dicapai dengan kegiatan pengembangan diri adalah
§  Untuk mengasah otak kanan agar seimbang dengan otak kiri.
§  Untuk menghilangkan kejenuhan siswa
§  Mengasah keterampilan siswa yang berbakat
§  Memberikan keterampilan kecakapan hidup / life skill
§  Mengembangkan bakat – bakat siswa yang terpendam

C.    Hasil yang Diharapkan
Kegiatan  pengembangan diri hendaknya dapat meningkatkan  keterampilan siswa di berbagai bidang. Hasil yang ingin diperoleh setelah kegiatan berupa:
§  Memperoleh Peringkat Juara di bidang Akademik Baik Calistung Maupun OSN IPA dan Matematika baik di kecamatan maupun Kabupaten serta dalam lomba di lingkungan lainnya.
§  Memperoleh Peringkat Juara di bidang Non akademik seperti dalam Lomba MHQ Maupun MTQ, Futsal, Qosidah dan lainnya                                

D.    Sasaran
Adapun sasaran dilaksanakan kegiatan  pengembangan diri  ini adalah :
·           Siswa kelas I sampai dengan kelas VI
·           Kepala Sekolah dan Majelis Guru
·           Penjaga sekolah dan tata usaha

E.     Manfaat
Menanamkan semangat mau maju dan pengembangan bakat.Mengasah keterampilan yang dimiliki siswa sehingga berkembang.




PROGRAM PENGEMBANGAN SISWA
SDIT WADI FATIMAH



NO
KEGIATAN
MATERI BIDANG PENGEMBANGAN
INDIVIDUAL
KELOMPOK
KLASIKAL
1
2
3
4
5
1
Keteladanan :
Membaca Al-Quran
     (Zuj Amma setiap pagi sebelum apersepsi di mulai)

Pembiasaan Shalat Duha




Pembiasaan Sholat Fardu Berjama’ah

Program Tahfidzul Qur’an

Pengembangan kemampuan baca
Al-Quran pribadi


Pengembangan kemampuan dalam melaksanakan  Sholat Duha secara mandiri

Pengembangan kemampuan
Muroja’ah Qur’an




Mengerjakannya secara bersama/ berjama’ah

Perlombaan Hafalan Qur’an setiap memperingati Hari Besar Islam

Mengamalkannya setiap hari

2
Kewirausahaan:
Market Day






Pengembangan kemampuan wirausaha menjadi pribadi yang percaya diri

Pengembangan Kemampuan  komunikasi antar teman dan guru dalam berwirausaha 


3
Ekskul:
·         Sempoa
·         Pramuka
·         Drumband
·         Qosidah
·         Futsal
·         Paduan Suara
·         Layanan Konseling


Objek-objek pengembangan bakat, minat dan potensi individu.

Objek-objek pengembangan hubungan kelompok (kepemimpinan, kerjasama,kreak- tivitas dll)

Objek-objek pengembangan hubungan kelompok (kepemimpinan, kerjasama,kreak- tivitas dll)
Mengikuti perlombaan

BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI



a.      Pembiasaan Rutin Harian
NO
JADWAL
KEGIATAN
P.Jwb
1
Senin
s/d
Sabtu
Ø Bersalaman dengan teman ,guru dan tamu yang datang
Ø Setiap pagi melaksanakan kegiatan rutin pagi yang telah terprogram
Ø Sebelum apersepsi siswa berkumpul dilapangan untuk melantunkan ayat-ayat suci Al quran , asmaulhusna,  ayat pendek dipandu oleh guru Agama yang piket.
Ø Mengikuti Apersepsi Pagi di lapangan
Ø Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas/ belajar
Ø Melaksanakan sholat Duha sesuai Jadwal
Ø Melaksanakan Sholat Dzuhur dan Ashar berjama’ah



Guru Kelas dan Guru Agama
2
Senin
Ø Setiap pagi Senin melaksanakan upacara bendera,
Ø Pemeriksaan kerapihan dan kedisiplinan pakaian
3
Jum’at
Pemeriksaan Kuku dan Rambut
4
Sabtu Ke 2 dan Ke 4
Melaksanakan senam kesegaran jasmani
5
Sabtu Ke 1 dan Ke 3
Program Eskul Kepramukaan
6
Sabtu
Ø Market day
Ø Pengembangan diri /Eskul dan penampilan bakat
Ø Gotong Royong di kelas dan
Ø Pembacaan Kesimpulan buku yang di baca dalam Program “Gemar Membaca buku” one day one books








     b.     JADWAL KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI DAN  PEMBIMBINGAN



 SDIT WADI FATIMAH TAHUN 2019/2020

No
Ming
Hari
Kegiatan
Nara Sumber
Penanggung Jawab


1

Sabtu
Olah Raga: Futsall

Kesenian: Qosidah dan marawis


Keterampilan:
Anyaman, Meronce, Masakan Kuliner


Keagamaan:
Muroja’ah, Sholat Fardhu, Duha,
Hafalan, Doa Harian, Hadist

Market day


One Day One Books
Guru Olahraga

Imas Masruroh
Chaerany Citra

Guru Kelas masing-masing


Guru agama Kelas



Guru Kelas Masing-masing

Guru Kelas Masing-masing
Kepala Sekolah/ Majelis Guru/ Karyawan


2

Senin s/d Kamis

Eskul Sempoa
Guru Pembimbing “Asma”
3
Rabu
Paduan Suara
Pelatih Vokal













           c.    Daftar Guru Pembina pengembangan Diri

No
Bidang Kegiatan
Guru Pembina
1
Keagamaan
Sri Wahyuni, S.Pd
Sardi Khumaidi, S.Pd.I
Dedi Fajari, S.Pd.I
2
Olah Raga
Anbar Hayatunnisa, S.Pd
Nanda Arif Gunawan, S.Pd
3
Pramuka
Siti Rokhma, S.Pd
Nurul Annisah, S.Pd
4
Qosidah
Imas Masruroh, S.Pd
Chaerany Citra, S.Pd
5
UKS
Susi Nurhasanah, S.Pd
6
Matematika
Arip Setiawan, S.Pd
7
IPA
Ita Yunita, S.Pd
8
Calistung
Guru Kelas 1, 2 dan 3

Perpustakaan
Nike Kusumawardani

Drumband
Yuliyanti, S.Pd
Arum Kusumaningrum, S.Pd





















BAB III
PENUTUP

Kegiatan  yang dilaksanakan dapat membuat siswa memahami arti pentingnya mengembangkan bakat dan minat sesorang, Karena dengan adanya pembinaan bakat dan minat tersebut , mereka dapat berkompetisi baik di tingkat Kecamatan, Kabupaten maupun Dunia luar dan melatih kepercayaan dirinya sehingga dapat mendapatkan hasil yang terbaik.
Siswa menyadari akan perlunya latihan yang rutin dalam kegiatan penegmbangan diri mereka , di samping masanya bagi siswa untuk bermain , mereka juga sadar akan perlunya berlatih keterampilan , bukan belajar teori tentang pengetahuan  saja sepanjang hari.
 Kami yakin dan percaya banyak kekurangan –kekurangan dari laporan ini baik kekurangan –kekurangan dari sistim pelaksanaannya maupun bentuk penulisan dalam laporan ini. untuk itu kami mohon maaf. Semoga kekurangan-kekurang tersebut dapat menjadi awal untuk lebih baik lagi dimasa yang akan datang.
Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabbarokatuh…


                                                                                   


Komentar

Postingan populer dari blog ini

DI BUKA PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN 2022/2023